Selasa, 12 Maret 2013

Sedikit tentang Dahsyatnya Tarbiyah


Berbicara tarbiyah itu, tidak hanya sedang berbicara mengenai peningkatan tsaqofah islamiyah, tetapi lebih dari itu. Kita sedang berbicara sesuatu hal yang sangat dahsyat.


Bagaimana tidak?

Kita bisa mengenal Abu Bakar, mengapa beliau ditakuti oleh iblis?
Kata iblis, saat Abu Bakar belum masuk Islam saja, beliau tidak pernah mau menuruti kemauan Iblis. Apalagi saat masuk Islam, potensinya ini diarahkan kepada jalan yang lebih mulia. Dia menebus dua budak yang lemah secara derajat, namun menjadi kuat saat masuk Islam, tentu dengan potensi yang dahsyat. Sebut saja Bilal bin Rabbah dan Amir bin Fuhairah.

Begitu juga dengan Bilal bin Rabbah, saat masuk Islam. Sayidina yang dibebaskan oleh sayidina ini menjadi orang yang adzannya sangat dinantikan oleh Rasulullah dan para sabhabat. Suara adzannya yang sangat merdu. Dan dia menjadi muadzin kesayangan Rasulullah. Subhanallah...


Dengan ditarbiyah, potensi seseorang justru semakin dahsyat dan semakin mulia. Allah, telah mengajarkan melalui RasulNya. Bagaimana mendidik manusia untuk memunculkan potensi-potensi dahsyatnya.

Tentunya, kita tak melupakan sahabat yang lainnya. Bisa kita ingat, Umar bin Khatab. Kegarangannya, menjadi salah satu karakteriasik dari dakwah terang-teranganIslam di masa itu. Orang yang muncul menjadi kekuatan Islam. Dan kita ingat, bagaiaman perkembangan Islam di masa kepemimpinan beliau menjadi khalifah kedua. Subhanllah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar